Rabu, 16 November 2011

REVIEW BUKU MOZAIK TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Teknologi Kinerja dan Teknologi Proses Belajar
Persepsi dan Belajar
        Proses belajar tanpa memperhatikan siapa  yang belajar, materi lokasi, jenjang pendidikan atau usia pembalajaran selalu dipengaruhi oleh persepsi. Tujuan belajar sebenarnya adalah mengembangkan persepsi kemidian mewujudkannya menjadi kemampuan-kemampuan yang tercermin dalam cara berpikir (kognitif), bekerja motorik, serta sikap.

 Pengertian Perseps
  •   Konsep dasar persepsi
Persepsi adalah awal dari segala macam kegiatan belajar yang bisa terjadi pada setiap kesempatan, disengaja atau tidak. Persepsi terjadi karena setiap manusia meiliki indra untuk menyerap objek-objek serta kejadian di sekitanya. Pada akhirnya, persepsi dapat memengaruhi cara berpikir, bekerja, serta bersikap pada diri seseorang. Hal ini terjadi karena orang tersebut dalam mencerna informasi dari lingkungan berhasil melakukan adaptasi sikap, pemikiran, atau perilaku terhadap informasi tersebut.
2.      Persepsi Visual
Secara khusus, Riber, 1994 menyatakan pentingnya persepsi visual. Persepsi visual sangat berperan karena proses ini menunjukan kemampuan seseorang untuk mengikuti, menyadari, menyerap arti atau makna dari tampilan visual di sekitarnya secara selektif. Ia juga percaya bahwa manusia terbiasa untuk berpikir secara visual atau memiliki gambaran visua dalam otaknya, walau informasi yang diterima berbentuk verbal.persepsi visual tergantung pada pengetahuan dan pengalaman sebelumnya.
  • Prinsip Dasar Persepsi
Beberapa prinsip dasar persepsi yang penting diketahui yaitu (Fleming & Levie, 1978):
1.      Persepsi bersifat relative. Setiap orang akan memberikan persepsi yang berbeda, sehingga pandangan terhadap sesuatu hal sangat tergantung dari siapa yang melakukan persepsi.
2.      Persepsi bersifat sangat selektif. Persepsi tergantung pada pilihan, minat, kegunaan, kesesuaian bagi seseorang.
3.      Persepsi dapat diatur. Persepsi perlu diatur atua ditata agar orang lebih mudah mencerna lingkungan atau stimulus.
4.      Persepsi bersifat subjektif. Persepsi seseorang dipengaruhi oleh harapan atau keinginan tersebut. Pengertian ini menunjukan bahwa persepsi sebenarnya bersifat subjektif.
5.      Persepsi seseorang atau kelompok bervariasi, walaupun mereka berada dalam situasi yang sama.prinsip ini berkaitan erat pada karakter individu, sehingga tiap individu bisa mencerna stimuli dari lingkungan tidak sama dengan individu lain.

Peran Persepsi
Persepsi dalam belajar berpengaruh terhadap:
1.      Daya Ingat. Beberapa benda visual seperti symbol, warna, dan bentuk yang diterapkan dalam penyampaian materi ajar mempermudah daya ingat seseorang mengenai materi tersebut, dengan memiliki kekhususan, yaitu memanfaatkan tanda-tanda visual, maka materi ajar menjadi lebih mudah dicerna dan mengendap dalam pikiran seseorang.
2.      Pembentukan konsep. Persepsi dapat dikembangkan dalam bentuk materi, spasi, pengaturan laju belajar, dan pengamatan.
3.      Pembinaan sikap. Interaksi antar pengajar sebagai narasumber dan pembelajaran merupakan kunci dari pembinaan sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar