Jumat, 30 September 2011

REVIEW TEKNOLOGI PENDIDIKAN

TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pada dasarnya Prof. Elton percaya bahwa teknologi pendidikan sedang mengalami perubahan tekanan yang progresif sejak akhir perang dunia ke-2, dan pada saat itulah pertama kali teknologi pendidikan membentuk menjadi suatu disiplin ilmu sendiri.
Definisi Teknologi Pendidikan (Berasal dari Badan dan Organisasi yang Berbeda-beda)
  • Definisi I
Teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan evaluasi sistem, teknik dan alat dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar bagi manusia. (Control for educational technology for the united kingdom (CET))
  • Definisi II
Teknologi pendidikan adalah penerapan pengetahuan ilmiah tentang belajar dan kondisi belajar, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam mengajar dan latihan. Secara implicit, adalah menetapkan prinsip-prinsip ilmiah, teknologi pendidikan adalah menerapkan teknik-teknik testing empiris untuk meningkatkan situasi belajar. (National centre for programmed learing united kingdom)

Fungsi utama teknologi pendidikan yakni meningkatkan efisiensi proses belajar.
Teknologi pendidikan melalui pendekatan sistem dalam merancang pelajaran, menjadi sangat luwes untuk berasimilasi dengan pengetahuan baru tentang proses belajar, pengembangan mode dan pendekatan belajar/mengajar.

Pengembangan unsure utama teknologi pendidikan: Model Lewis Elton, 1977.
Lewis Elton mengidentifikasikan pengembangan teknologi pendidikan menjadi tiga tahapan, yaitu komunikasi massa, belajar individual dan belajar secara kelompok. Yang mencakup proses penelitian, pengembangan, pemanfaatan.

Belajar terjadi apabila ada reaksi tertentu yang datang dan siswa yang ditempatkan pada situasi tertentu pada saat ia diberikan rangsangan.

Bidang Lain Dimana Teknologi Pendidikan Berkembang

Gambaran tersebut belum mencerminkan pengembangan bidang penting lainnya yang sangat berkepentingan dengan teknologi pendidikan. seperti manajemen inovasi dan pengembangan. Keterampilan belajar siswa.
  •   Manajemen Inovasi
Pada umumnya tugas ahli teknologi pendidikan berhubungan dengan pengertian yang inovatif.
  •      Pengembangan program pengajaran slide tape
  •      Perencanaan belajar jarak jauh.
Faktor yang menunjang keberhasilan : kualitas inovasi, sifat potensi pemakai, faktor politis, pengaturan administrasi, dsb.

  •    Teknik Keterampilan Siswa
Bidang lain yang menarik para ahli teknologi pendidikan pada akhir-akhir ini adalah pengembangan teknik keterampilan siswa dalam belajar. Jelas, bahwa salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas proses belajar/ mengajar adalah dengan meningkatkan efesiensi siswa dalam mengasimilasikan pokok-pokok bahasan.
Ruang lingkup tentang ketrampilan belajar siswa adalah meliputi:
Organisasi waktu, penggunaan waktu secara efektif, ketrampilan membaca, ketrampilan menulis esai, menulis laporan, membuat catatan, teknik ujian, dan keterampilan memperoleh tugas-tugas.